Tak bisa dipungkiri, munculnya aroma tak lazim pada mobil tentu sangat mengganggu. Selain tak sedap, bau di mobil juga bisa mempengaruhi konsentrasi berkendara. Jika aroma di mobil terlalu tajam, Anda tentu akan langsung mencari cara untuk menghilangkan bau di mobil kan?. Namun, beberapa aroma yang muncul justru menjadi pertanda jika mobil Anda sedang bermasalah.

Kenali Aroma Mobil Anda

Jangan buru-buru menghilangkan bau di mobil, sebelum mengidentifikasi masalahnya. Berikut adalah beberapa jenis bau-bauan di mobil yang menjadi tanda terjadinya masalah pada mobil Anda, antara lain:

Bau Gosong

Aroma gosong seperti benda terbakar umumnya muncul karena terjadi gesekan pada komponen pengereman. Bantalan rem yang terlalu ditekan kencang menyebabkan rotor menjadi lebih panas dan memunculkan aroma terbakar.

Bau gosong pada mobil juga sering muncul pada mobil bertransmisi manual. Aroma ini timbul akibat plat kopling yang terlalu panas dan menyebabkan aus. Bau gosong juga bisa disebabkan dari adanya benda asing seperti daun dan rumput yang dibawa oleh tikus di ruang mesin mobil.

Bau Sulfur

Hati-hati jika mencium aroma ini. Bau sulfur atau belerang biasanya timbul dari sistem emisi yang bekerja terlalu berat. Mesin yang dipaksa bekerja maksimal menyebabkan overheat di bagian converter knalpot. Bau belerang ini sekilas mirip dengan aroma telur busuk yang menyengat. Hal ini disebabkan converter berfungsi untuk menyaring hydrogen sulfida yang aromanya menusuk hidung.

Bau Karet Terbakar

Menggunakan penghilang bau mobil pun tak cukup efektif untuk menghilangkan aroma yang satu ini. Bau karet terbakar biasanya muncul akibat kerusakan pada komponen berbahan karet seperti drive belt. Plat kopling yang terlalu panas juga memunculkan bau seperti karet yang terbakar.

Bau Roti Panggang

menghilangkan bau di mobil yang satu ini tidak lah mudah. bau roti panggang bisa jadi anda korsleting pada komponen kelistrikan.

Jangan pernah menganggap remeh aroma yang satu ini. Bau roti panggang menadakan terjadinya kerusakan mobil yang disebabkan komponen listrik. Hubungan arus pendek atau korsleting pada listrik berpotensi memunculkan percikan api yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kebakaran pada mobil Anda.

Bau Bahan Bakar

Walaupun normal terjadi, aroma bahan bakar seperti bensin atau solar dapat menjadi pertanda masalah yang serius. Selain karena tutup tangki bahan bakar yang kurang rapat, bau bensin atau solar juga bisa terjadi akibat bahan bakar yang bocor dan merembes ke bagian komponen lain.

Bau Sirup

Aroma manis seperti sirup menandakan terjadinya kebocoran pada sistem pendingin mobil atau AC. Walaupun tidak mengganggu indera penciuman, bau sirup yang ditimbulkan dari antifreeze AC yang bocor dapat menyebabkan iritasi mata dan pernapasan. Apalagi jika Anda mencium bau sirup saat tidak ada sirup yang Anda simpan di kabin mobil. Sudah dipastikan aroma ini muncul akibat sistem AC yang bocor.

Bau Apek

menghilangkan bau di mobil. aroma gosong bisa jadi tanda masalah pada mobil.

Bau-bauan yang satu ini bisa dikatakan yang paling mengganggu di antara bau yang lainnya. Aroma apek sudah pasti disebabkan oleh konsentrasi debu dan kotoran di dalam kabin mobil. Bau apek yang cukup menyengat juga menandakan mobil Anda sudah menjadi sarang bakteri dan jamur.

Jika dibiarkan lama, bau apek tentu akan sangat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan berkendara. Solusinya, Anda harus menggunakan jasa detailing mobil untuk menghilangkan bau di mobil. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mempercayakan kebersihan mobil kepada Mobiklin.

Didukung oleh operator cuci mobil profesional, Mobiklin menghadirkan layanan car wash profesional yang dikerjakan langsung di rumah Anda. Mobiklin juga menyediakan paket berlangganan cuci mobil di rumah yang lengkap dengan jadwal pengerjaan yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan. Pilihan paket bisa dilihat di sini.

Mobiklin sedang libur lebaran hingga Jumat, 14 Mei 2021. Mohon maaf lahir & batin 🙏

X