Baret halus, swirl, body kusam dan kotoran membandel pada body mobil menjadi masalah serius yang harus dihadapi. Jika dibiarkan baret halus yang sedikit pun lama kelamaan akan bertambah parah dan merusak tampilan mobil kesayangan Anda. Jika sudah begini, membersihkan mobil secara menyeluruh atau mempercayakannya kepada car detailing profesional mungkin menjadi satu-satunya solusi yang harus Anda lakukan.

Sebelum lebih jauh, mungkin Anda kerap bertanya kenapa body mobil mudah baret? Bagaimana cara memperbaikinya tanpa harus repot-repot memesan paket salon mobil yang super mahal? Mari kita bahas lebih dalam sebagai berikut:

Mengenal Lapisan Cat Mobil

level baret mobil untuk car detailing Jakarta.

Tahukah Anda bahwa mobil memiliki lapisan cat yang cukup tebal? Sebenarnya, pada saat body mobil dirakit, pihak pabrikan telah memberikan berlapis-lapis cat untuk melindungi body mobil. Setidaknya ada tiga sampai empat lapisan cat yang menutupi body mobil kesayangan Anda.

Lapisan yang pertama atau yang paling dasar adalah anti karat. Lapisan ini berada tepat di atas body panel atau bahan utama body mobil. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi plat besi yang menjadi komponen pembangun body mobil dari korosi atau karat. Jika lapisan ini sampai rusak, maka dapat dikatakan bahwa kondisi kendaraan Anda benar-benar parah.

Lapisan yang ke dua adalah lapisan primer. Setelah plat besi dilapisi anti karat, pabrikan mobil akan melapisinya dengan lapisan primer. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi lapisan anti karat sekaligus meratakan sisa anti karat yang tidak rata pada body mobil. Dengan lapisan primer, permukaan cat mobil Anda akan lebih kuat dan tidak mudah retak.

Lapisan selanjutnya adalah base coat atau top coat. Lapisan cat ini lah yang memberikan warna pada body mobil Anda. Pengerjaan base coat adalah yang paling memakan banyak waktu karena harus dilakukan secara detail dan menyeluruh pada body mobil.

Setelah seluruh body mobil telah diwarnai dengan lapisan base coat, selanjutnya akan dilapisi lagi oleh clear coat. Clear coat dapat dikatakan sebagai pernis yang melindungi lapisan base coat dan memunculkan kilap pada body mobil, khususnya pada mobil berwarna metallic.

Jenis Goresan Pada Lapisan Cat Mobil

Goresan pada body mobil seakan menjadi hal yang tak bisa dihindari. Apalagi bagi Anda yang menggunakan mobil dalam kegiatan sehari-hari, goresan kecil, baret atau lecet pada cat mobil sudah menjadi pemandangan yang biasa. 

Banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan pada cat mobil ini, seperti akibat tergores benda tumpul, menyerempet benda keras hingga ulah tangan jahil. Seperti yang dijelaskan pada paragraf awal, menggunakan jasa detailing mobil profesional adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan berbagai masalah pada permukaan cat mobil.

Namun, sebelum mempercayakan mobil kesayangan kepada orang lain, ada baiknya Anda mengenal level baret yang ada pada body mobil, sebagai berikut:

Baret Ringan atau Halus

Baret jenis ini menjadi yang paling sering kita temui. Biasanya, baret semacam ini juga berbentuk swirl atau tanda memutar seperti sarang laba-laba. Umumnya, baret ringan dan halus berukuran cukup kecil dan hampir tidak terlihat. Baret jenis ini pun tidak terlalu merusak cat mobil, namun cukup mengganggu bagi Anda yang sangat detail.

Baret Sedang

Lebih parah dari baret halus, baret sedang biasanya dapat terlihat secara jelas. Walaupun tidak terlalu merusak lapisan cat mobil, baret sedang sudah bisa dikatakan sebagai kecacatan atau defect. Baret jenis ini biasanya terjadi akibat goresan ranting pohon, rerumputan atau permukaan kasar seperti kain pada pakaian yang Anda kenakan.

Baret Dalam

Baret jenis ini sudah termasuk dalam kategori parah. Baret dalam biasanya akan terlihat jelas, yaitu goresan putih yang jika disentuh menggunakan jari akan sangat terasa kerusakannya. Baret jenis ini bahkan telah merusak hingga lapisan ke tiga cat mobil, sehingga jika diamati menggunakan kaca pembesar akan terlihat seperti coakan atau rekahan yang dalam.

Dalam kondisi yang lebih parah, baret dalam bahkan sampai merusak lapisan dasar hingga lempengan besi yang menjadi dasar body mobil. Jika sudah begini, mau tidak mau mobil kesayangan Anda harus dicat ulang.

Cara Mengatasi Baret Mobil

peralatan yang digunakan car detailing profesional di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Tangerang. Jasa cuci mobil di rumah, mobiklin solusinya.

Mengatasi baret pada mobil harus dilakukan sesuai tingkat atau level kerusakannya. Baret halus hingga sedang tentu berbeda dengan baret yang dalam. Maka dari itu, sebelum memperbaiki baret pada mobil, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada jasa poles mobil profesional. 

Hingga saat ini tak sedikit pemilik kendaraan yang terkesan asal-asalan saat memoles mobil. Anda mungkin akan membeli cairan poles seperti compound untuk menghilangkan baret pada body mobil kesayangan. Kenyataannya, tak semua baret dapat hilang hanya dengan diolesi compound. Cairan poles ini bersifat abrasif atau dapat mengikis lapisan cat.

Maka tak heran jika banyak mobil yang terlihat belang atau kusam di beberapa bagiannya akibat penggunaan compound yang salah. Sebelum mengolesi compound pada bagian yang baret, Anda harus mengenal jenis-jenis compound yang beredar di pasaran, antara lain:

Heavy Cut Compound

Sesuai namanya, cairan ini bersifat heavy atau keras. Compound atau yang dalam bahasa sehari-hari disebut kompon ini hanya boleh digunakan oleh jasa detailing mobil profesional.

Medium Cut Compound

Cairan poles ini biasanya digunakan pada kerusakan cat yang tidak terlalu parah. Baret halus hingga ringan, kusam dan sisa busa sampo bisa dihilangkan dengan compound ini.

Finishing Compound

Untuk noda membandel seperti waterspot, jamur dan kusam yang ada di permukaan lapisan cat, finishing compound cukup ampuh untuk digunakan. Kompon jenis ini bersifat seperti clear coat yang memberi efek kilap atau glossy pada permukaan cat.

Protection Compound

Jika finishing compound saja tidak cukup, maka diperlukan protection compound untuk melindungi cat mobil Anda. Cairan poles ini digunakan untuk memberi efek lapisan film pada permukaan cat mobil.

Setelah Anda mengenal jenis-jenis compound dan memilih yang sesuai dengan kerusakan cat mobil, selanjutnya Anda bisa mengikuti cara ini untuk memoles body mobil. Sebenarnya tidak disarankan untuk melakukan poles mobil sendiri, karena diperlukan teknik khusus untuk mengerjakannya. Namun, anggap saja ini sebagai pengetahuan yang bisa Anda terapkan ketika mengawasi proses pengerjaan poles mobil oleh jasa detailing mobil profesional yang Anda pilih.

Tahapan Pengerjaan Car Detailing

  • Bersihkan Mobil

Sebelum dipoles, mobil sebaiknya dalam keadaan bersih dan bebas dari debu. Cuci mobil Anda sampai bersih dan benar-benar kering sebelum dipoles. Terutama pada bagian baret yang ingin diobati, pastikan bagian tersebut kering sebelum diolesi cairan poles dan semacamnya.

  • Batasi Bagian Baret 

Tidak semua bagian mobil mengalami baret, maka dari itu, jasa poles profesional biasanya membatasi bagian mobil yang baret dengan selotip atau kertas perekat. Tujuannya agar mereka fokus terhadap bagian yang rusak dan tidak memperparah goresan di bagian yang lain.

  • Oleskan Compound atau Cairan Poles di Bagian Yang Luka

Pekerjaan yang satu ini harus dilakukan secara hati-hati dengan teknik yang benar. Selain memilih jenis compound yang sesuai, Anda juga harus menggunakan alat poles yang tepat. Jasa detailing mobil biasanya menggunakan berbagai jenis bantalan poles atau polish pada untuk meratakan cairan poles.

Ada beberapa jenis polish pad yang bisa digunakan, antara lain yang halus, sedang dan kasar. Polish pad halus biasanya berbentuk busa yang digunakan untuk meratakan cairan poles pada proses polishing atau menghilangkan baret ringan. Polish pada sedang bertekstur seperti bulu domba yang digunakan untuk memoles baret yang lebih berat, atau yang dikenal sebagai compounding.

Sementara untuk baret yang lebih berat lagi hingga membentuk rockchip atau lubang seperti permukaan kulit jeruk, Anda bisa menggunakan teknik sanding, yaitu pengamplasan dengan polish pad yang kasar. Polish pada ini juga dibagi lagi menjadi tiga level yang berbeda yang disesuaikan dengan tingkat kerusakan cat pada body mobil.

  • Bersihkan Bagian yang Sudah Dipoles

Jika proses poles dirasa telah cukup dan body mobil sudah kembali mengkilap seperti semula, Anda tinggal membersihkan bagian yang sudah dipoles menggunakan kain bersih atau lap microfiber. Pastikan tidak ada cairan poles yang tertinggal setelah dibersihkan. Ingat, cairan poles bersifat abrasif sehingga dapat mengikis permukaan cat mobil.

  • Gunakan Jasa Car Detailing Profesional dan Terpercaya

Agar hasil poles lebih maksimal, Anda bisa mempercayakan urusan detailing mobil kepada jasa poles mobil profesional. Memoles mobil bukan berarti Anda harus mengunjungi salon mobil terdekat atau membawa mobil Anda kepada jasa cuci mobil konvensional.

Sekarang, Anda tak perlu repot-repot mengantri hanya untuk mendapatkan layanan car detailing. Mobiklin menawarkan berbagai paket detailing yang bebas Anda pilih dan atur jadwalnya sesuai kebutuhan.

Mobiklin menyediakan paket car detailing lengkap seperti interior dan exterior detailing, engine detailing, window detailing hingga tire and rims detailing. Semua paket dikerjakan langsung di rumah Anda tanpa harus mengantri di salon mobil konvensional. 

Selain jasa detailing, Mobiklin juga menawarkan layanan cuci mobil di rumah berlangganan yang bebas Anda atur jadwalnya sesuai keinginan. Wilayah kerja Mobiklin pun cukup luas meliputi Jakarta, Tangerang, Bandung dan Surabaya.