Memulai maupun menjalankan usaha tidak selamanya akan berjalan dengan mulus. Akan tetapi rintangan yang dihadapi pastinya tidak terus-menerus menjadi hambatan. Salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan cara melakukan digital marketing untuk usaha cuci mobil.

Sementara cara melakukan digital marketing bisa dilakukan agar membuahkan kesuksesan. Secara umum, mempertimbangkan hobi dan minat seseorang yang berkeinginan untuk memulai sebuah usaha adalah hal yang sangatlah penting.

Cara Melakukan Digital Marketing Untuk Usaha Cuci Mobil

Untuk usaha cuci mobil sekarang ini promosi tidak hanya dilakukan melalui penyebaran brosur atau dari mulut ke mulut saja. Namun juga banyak para pelaku usaha cuci mobil yang memasarkan jasanya melalui jaringan internet.

Sedangkan melalui digital marketing ini dianggap jauh lebih menghemat biaya pengeluaran. Hal ini jika dibandingkan harus melakukan promosi dengan penyebaran brosur atau sejenisnya yang dianggap jauh lebih menghabiskan banyak biaya.

Sebenarnya, ada banyak sekali cara marketing supaya kamu bisa mendatangkan banyak pelanggan agar mencuci mobil di tempat kamu. Lalu, bagaimana cara melakukan digital marketing untuk usaha cuci mobil? Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

1. Membuat Website Marketing Digital

Digital Marketing Technology Solution for Online Business Concept – Graphic interface showing analytic diagram of online market promotion strategy on digital advertising platform via social media.

Poin pertama yang perlu kamu lakukan supaya bisnis cuci mobil dapat berjalan dengan lancar yaitu dengan membuka website. Sekarang ini banyak orang yang mencari segala jenis informasi melalui website, termasuk mencari jasa cuci mobil yang terbaik, terpercaya, dan berkualitas.

Dari kecanggihan internet inilah, maka kamu dapat memanfaatkan kesempatan dan peluang ini dengan sebaik mungkin. Buatlah website yang menarik supaya para calon customer juga percaya bahwa kamu adalah pelaku usaha cuci mobil yang ternama dan selalu mengedepankan kualitas.

Di dalam website tersebut, kamu bisa menjelaskan banyak hal seperti visi misi dari usaha, jumlah karyawan, kinerjanya, bahan dan peralatan yang digunakan, sekaligus pelayanan.

Pembuatan dari website ini memang sangatlah penting karena website merupakan salah satu hal yang bisa menjadikan bisnis cuci mobil semakin dikenal banyak pelanggan. Alasan inilah yang membuat mengapa website bisa menampilkan review positif yang berhubungan dengan bisnis.

Tidak sampai di situ saja, kamu juga bisa menambahkan informasi berupa kontak maupun jenis layanan apapun yang ditawarkan tanpa harus repot menyebarkan brosur. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan website:

  • Untuk proses pembuatan website yang cocok terhadap bisnis kamu maka bisa memanfaatkan jasa pembuatan website profesional. Biasanya, perusahaan yang besar akan menggunakan jasa pembuatan website profesional, karena sudah terjamin kualitas dan hasilnya.
  • Melakukan promosi melalui website memang jauh lebih hemat karena website dijadikan sebagai sarana promosi yang tepat sasaran. Website adalah media yang paling tepat untuk menargetkan bagi diri seseorang yang belum mempunyai langganan cuci mobil sendiri.

Jika kamu sudah membuat website untuk alternatif pemasaran, maka lihatlah bagaimana cara orang mencari maupun menemukan tempat yang belum mereka ketahui. Sedangkan umumnya calon pelanggan akan mencari informasi melalui Google.

2. Share Foto ke Sosial Media

share foto ke media sosial Cara Melakukan Digital Marketing untuk Usaha Cuci Mobil

Semua pengguna smartphone maka sudah bisa dipastikan akan menggunakan sosial media untuk segala kebutuhan, baik itu untuk kebutuhan hiburan atau mencari informasi yang lain. Termasuk mencari informasi jasa cuci mobil terbaik.

Ini adalah kesempatan emas bagi kamu agar bisa memamerkan usaha yang kamu miliki tersebut ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Kamu bisa mengambil foto setiap pelanggan yang datang ke tempat cuci mobil, kemudian bisa membagikannya ke sosial media.

Dengan cara inilah, maka sudah bisa meyakinkan beberapa orang bahwa tempat cuci mobil kamu tersebut ramai dengan pengunjung. Jika jumlah pengunjung semakin banyak, otomatis orang akan berpikiran bahwa kamu adalah jasa yang terbaik.

Yakinkan kepada pembaca bahwa carwash yang kamu miliki tersebut benar-benar mengedepankan kualitas, sehingga tidak mungkin membuat para customer merasa kecewa. Social media memang menjadi daya tarik paling mudah untuk mencapai target pasar.

Sosial media yang dimaksud yaitu seperti Instagram, Twitter, Facebook, maupun jenis platform sosial media yang lainnya. Pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan kehadiran bisnis cuci mobil tersebut di berbagai sosial media.

Tujuannya supaya banyak pelanggan yang mudah dalam menemukan bisnis kamu tersebut. Selain itu, kamu juga perlu menjangkau semua sosial media dan selalu aktif mengupload gambar ke sosmed.

3. Menambahkan Jam Operasional

menambahkan jam operasional

Terkadang pelanggan memang tidak selalu mempunyai banyak waktu pada saat ingin mencuci mobil. Hal ini berarti bahwa kamu diharuskan untuk memastikan bahwa bisnis cuci mobil kamu harus mempunyai jam operasional yang dapat memenuhi segala kebutuhan seluruh pelanggan yang ada.

Apabila kamu mempunyai bisnis pencucian mobil, maka secara otomatis dapat membuka usaha tersebut sepanjang waktu tanpa mengalami masalah. Namun untuk jam kerja yang dikelola oleh karyawan, kamu dapat mempertimbangkan demografisnya.

Silakan cari tahu bagaimana cara untuk bisa memastikan bahwa jam kerja yang kamu berikan tersebut bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan.

4. Google Maps

google maps Cara Melakukan Digital Marketing untuk Usaha Cuci Mobil

Tidak hanya aktif di sosial media saja, namun kamu juga disarankan untuk membuat lokasi bisnis yang menarik. Caranya yaitu dengan menciptakan Google Maps. Tujuan dari Google Maps ini supaya lebih memudahkan para pelanggan yang ingin datang ke carwash kamu untuk pertama kalinya.

Terkadang bagi orang yang belum mengetahui lokasi akan merasa kesulitan menemukan tempat cuci mobil. Namun dengan menggunakan Google Maps, maka diharapkan para pelanggan tidak akan merasa kesulitan dan bisa menemukan bisnis kamu tersebut.

5. Membuat Ulasan

membuat ulasan

Calon pelanggan biasanya akan mencari ulasan secara online sebelum dirinya memutuskan tempat untuk mencuci kendaraan kesayangan mereka. Sebab itu kamu bisa menarik kesimpulan dari beberapa pelanggan untuk memberikan ulasan yang positif secara online perihal bisnis cuci mobil.

Termasuk dari segi layanan pelanggan, kamu bisa mendorong pelanggan agar memberikan ulasan yang positif. Sebagai imbalannya, berikan mereka diskon pencucian mobil berikutnya. Selain itu, juga dapat memberikan penawaran berupa layanan tambahan gratis.

6. Meminta Pelanggan untuk Merekomendasikan

Cara Melakukan Digital Marketing untuk Usaha Cuci Mobil

Cara melakukan digital marketing untuk usaha cuci mobil selanjutnya bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Dalam segala jenis kondisi bisnis, pemasaran yang satu ini memang menjadi strategi promosi yang paling efektif.

Orang memang cenderung lebih percaya terhadap ulasan yang berasal dari orang secara langsung yang sudah dipercayai dan dikenalnya, dibandingkan dengan perusahaan yang berkeinginan menjual produk dari layanan mereka. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan ini dengan sebaik mungkin.

Cara yang dilakukan yaitu meminta pelanggan supaya merekomendasikan bisnis cuci mobil tersebut kepada teman atau keluarganya. Berikan kupon diskon kepada pelanggan yang sudah mengajak keluarga teman atau rekan kerjanya mencuci mobil di tempat kamu agar merasa senang.

Berdasarkan dari cara melakukan digital marketing untuk usaha cuci mobil yang ada di atas, memang belum banyak diketahui oleh pelaku usaha cuci mobil, terutama yang masih dalam tahapan pemula. Jika kamu ingin menjalankan bisnis cuci mobil, silakan mencoba beberapa tips yang ada di atas.