Bagi sebagian orang, mengunjungi salon mobil menjadi pilihan terbaik untuk merawat mobil kesayangan. Selain melayani jasa cuci mobil, salon mobil juga menyediakan layanan detailing untuk merawat seluruh bagian mobil. Namun, saat ini mulai banyak pemilik kendaraan yang beralih ke jasa cuci mobil di rumah berlangganan.

Mereka beranggapan cuci mobil di rumah jauh lebih hemat dibandingkan harus mengunjungi salon mobil atau car wash konvensional. Mengapa begitu? Mari kita bahas lebih jauh melalui ulasan berikut ini.

Berlangganan cuci mobil di rumah dan cuci mobil panggilan di Jakarta

Mengenal Jenis Layanan Cuci Mobil

Cuci Mobil Otomatis

Saat ini tersedia begitu banyak layanan cuci mobil, dari jasa cuci mobil biasa, cuci mobil panggilan, salon mobil, cuci mobil otomatis dan detailing mobil pun bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang menginginkan kecepatan dan kepraktisan, Anda mungkin akan tertarik dengan sistem cuci mobil otomatis.

Di Indonesia sendiri car wash yang menyediakan alat cuci mobil otomatis pun mulai bermunculan. Sistem cuci otomatis ini menggunakan mesin bertenaga robotik untuk mencuci mobil pelanggan. Anda bahkan tak perlu keluar dari mobil saat menggunakan mesin cuci otomatis. Sayangnya, karena dikerjakan oleh robot, terkadang hasil yang diberikan pun kurang maksimal.

Sistem cuci mobil otomatis kerap menyisakan busa sabun, bercak air hingga baret halus ketika digunakan. Meski beberapa tempat cuci mobil otomatis menerapkan pencucian yang lebih detail, seperti di bagian ban dan velg, bicara tentang kebersihan tentu akan lebih baik jika dikerjakan secara manual.

Kelebihan Cuci Mobil Otomatis

  • Cepat 

Karena dikerjakan menggunakan mesin, jasa cuci mobil otomatis tentu lebih cepat. Beberapa tempat cuci mobil otomatis bahkan memugkinkan Anda untuk tidak turun dari mobil. Jadi Anda bisa melihat proses pengerjaan cuci mobil dari dalam kabin mobil.

  • Hemat Tenaga

Sistem otomatis tentu tidak memerlukan banyak tenaga manusia. Proses pengerjaan dilakukan dengan bantuan mesin robotik.

  • Lebih Murah

Jasa cuci mobil otomatis biasanya lebih murah. Hal ini mengingat pengelola tempat cuci otomatis tidak perlu membayar banyak pekerja untuk melayani pelanggan.

Kekurangan Cuci Mobil Otomatis

  • Kurang Detail

Ini jadi masalah utama ketika Anda menggunakan jasa cuci mobil otomatis. Tidak semua bagian mobil dapat dijamah oleh mesin robot yang digunakan pada sistem cuci mobil otomatis. Sistem ini pun hanya bisa digunakan untuk membersihkan bagian eksterior mobil.

  • Masih Ada Kotoran Yang Menempel

Karena kurang detail, maka tak jarang masih ada saja kotoran, debu halus bahkan sisa busa sampo yang masih menempel pada body mobil Anda.

  • Beresiko Tergores

Karena dikerjakan oleh mesin, proses cuci mobil pun menjadi statis, atau tidak seluwes ketika dikerjakan tangan manusia. Terkadang, jangkauan lengan robot atau alat pencuci otomatis terlalu kaku dan keras, sehingga menyebabkan mobil tergores.

Cuci Mobil Hidrolik

Tak bisa dipungkiri sistem hidrolik masih digemari oleh sebagian besar salon mobil di Indonesia. Cuci mobil hidrolik memang sangat membantu ketika operator cuci atau car groomer ingin membersihkan bagian kolong mobil. Namun, dibalik kemudahan itu, ternyata banyak resiko yang ditimbulkan dari cuci mobil hidrolik, apa saja itu?

  • Merusak Komponen Suspensi

Terutama bagi alas hidrolik yang dipasang pada suspensi kaki-kaki mobil. Hidrolik digunakan untuk mengangkat mobil sehingga bagian bawah atau kolongnya mudah dibersihkan. Namun mobil yang terlalu lama diangkat dengan hidrolik dapat berubah posisi spooringnya. Akibatnya, mobil tidak lagi lurus ketika dikendarai.

  • Resiko Terjatuh

Anda tentu sering melihat berita atau kabar yang memperlihatkan mobil terjatuh saat dicuci di tempat cuci mobil hidrolik kan? Kecelakaan ini biasanya terjadi karena faktor human error. Salon mobil yang ramai terkadang membuat operator cuci mobil kelelahan melayani puluhan pelanggan yang mengantri.

Akibat tenaga yang tidak lagi prima, kualitas kerja pun cenderung menurun. Akibatnya kecelakaan seperti mobil terjatuh dari lift hidrolik pun tak bisa terhindarkan. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki mobil tersebut.

Jika terjatuhnya menyamping, tentu saja body mobil akan ringsek. Goresan dalam dan cat terkelupas sudah pasti menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Untuk memperbaikinya, Anda harus menyewa jasa poles mobil profesional yang biayanya mungkin mencapai puluhan juta.

Lalu, apakah berlangganan cuci mobil di rumah menjadi solusinya? 

Jika Anda berpikiran demikian, maka jawabannya adalah iya, benar sekali. Selain lebih aman dan nyaman, menggunakan jasa cuci mobil di rumah tentu akan lebih hemat. Mari kita perhatikan penjelasan berikut ini:

Perbandingan Berlangganan Cuci Mobil di Rumah Dengan di Salon Mobil

Berlagganan cuci mobil di rumah dan cuci mobil panggilan

Di Rumah

  • Fleksibel dan Bebas Antri

Tidak perlu lagi repot mengantri hanya untuk mencuci mobil Anda. Dengan berlangganan cuci mobil di rumah, Anda lebih leluasa mengatur jadwal cuci mobil sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa memilih berbagai jenis layanan lain seperti detailing atau poles mobil. Semua pekerjaan itu dikerjakan di rumah Anda tanpa harus mengunjungi salon mobil terdekat sekalipun.

  • Lebih Hemat

Dari segi harga, berlangganan cuci mobil di rumah mungkin tidak jauh berbeda dari harga yang ditawarkan oleh salon mobil terdekat. Namun pengeluaran Anda akan jauh lebih hemat jika berlangganan cuci mobil di rumah. 

Ketika Anda memilih berlangganan cuci mobil di rumah, Anda tentu dapat menekan pengeluaran tidak penting lainnya. Anda bahkan tidak perlu membeli camilan atau kopi hanya untuk mengusir kejenuhan selama menunggu mobil Anda dicuci, karena segala sesuatu yang Anda butuhkan sudah tersedia di rumah sendiri. Betul tidak?

  • Bisa Ditinggal Mengerjakan Hal Lain

Time is money. Istilah ini tentu sangat berarti bagi Anda yang super sibuk. Tidak perlu buang waktu menunggu mobil yang sedang dicuci. Anda bisa mempercayakannya kepada operator cuci mobil yang Anda pilih. Selama mobil dicuci, Anda bisa mengerjakan hal lain yang jauh lebih penting.

  • Kualitas Pekerjaan Bisa Diawasi

Jika Anda sangat detail dengan kualitas pekerjaan, maka berlangganan cuci mobil di rumah adalah solusinya. Anda lebih leluasa mengawasi pengerjaan cuci mobil secara langsung. Jika dirasa kurang bersih, Anda bisa meminta kepada penyedia jasa untuk mencucinya kembali.

  • Bisa Mencuci Lebih Dari Satu Mobil

Ini lah keuntungan lain yang diberikan jasa cuci mobil berlangganan. Karena tidak harus mengantri dan dikerjakan di rumah, Anda tentu bisa memesan layanan untuk mencuci lebih dari satu mobil. 

Tak hanya itu, Anda bahkan lebih leluasa jika ingin mengatur jadwal cuci untuk beberapa mobil. Misalnya Anda memiliki dua mobil. Anda bisa meminta penyedia jasa untuk mencuci kedua mobil Anda di hari yang sama, atau bahkan bisa mengatur jadwal yang berbeda untuk mobil Anda yang lainnya sesuai keinginan Anda. Mudah kan?

Di Salon Mobil

  • Harus Menunggu Antrian

Semakin laris salon mobil maka akan semakin lama waktu antrinya. Apalagi jika Anda berkunjung di saat weekend, tentu antrian akan semakin panjang dan tahan lama. Mengantri di salon mobil terdekat cocok bagi Anda yang ingin melatih kesabaran.

  • Lebih Boros

Siapa yang setuju jika menunggu adalah hal yang paling membosankan?. Saat mengunjungi salon mobil, Anda tentu harus menunggu giliran, selama menunggu giliran Anda mungkin akan membeli sesuatu agar tidak bosan. Misalnya membeli camilan, kopi, minuman ringan atau rokok. Bahkan ada pula salon mobil yang menawarkan jasa pijat refleksi kepada pelanggan yang menunggu giliran. Jadi berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan di luar jasa cuci mobil?

  • Tidak Bisa Ditinggal Mengerjakan Hal Lain

Tak bisa begitu saja meninggalkan mobil kesayangan di salon mobil. Di saat antrian panjang, maka waktu menunggu Anda pun akan semakin lama. Berapa banyak pekerjaan penting yang harus Anda tunda hanya untuk mencuci mobil?

  • Operator Tidak Fokus Pada Satu Mobil

Poin ini sudah pasti terjadi pada salon mobil yang ramai. Saking banyaknya pelanggan yang datang, terkadang konsentrasi operator cuci mobil pun berkurang. Tenaga yang terkuras juga berdampak pada kualitas layanan yang diberikan. Jadi, jangan salahkan mereka jika masih ada noda, waterspot atau sisa busa sampo yang tertinggal di mobil kesayangan Anda.

  • Kurang Fleksibel Untuk Mencuci Lebih Dari Satu Mobil

Anda bisa saja melakukan booking di salon mobil terdekat untuk mengurusi koleksi mobil Anda. Namun, berapa lama waktu yang harus dihabiskan untuk mencuci mobil-mobil tersebut, berapa biaya yang harus Anda keluarkan agar pengelola salon mobil menolak pelanggan yang lain hanya untuk Anda?

Kesimpulan

Itu lah beberapa alasan yang bisa Anda jadikan referensi ketika memilih jasa cuci mobil profesional. Masing-masing jasa memang memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, khusus bagi Anda yang ingin menghemat waktu dan biaya, memilih cuci mobil di rumah berlangganan adalah solusi yang tepat.

Saat ini ada begitu banyak jasa cuci mobil panggilan yang bisa Anda temui di sekitar tempat tinggal Anda. Jika Anda menginginkan layanan yang terbaik, Anda bisa mempercayakan urusan membersihkan mobil kepada Mobiklin.

Mengusung konsep layanan cuci mobil panggilan profesional, Mobiklin siap membawakan car wash pribadi ke rumah Anda. Jangan khawatir soal kualitas, Mobiklin ditunjang oleh tim yang berpengalaman di bidang car wash profesional dan detailing mobil. Anda juga bisa memilih berbagai paket dan mengatur jadwal berlangganan sesuai kebutuhan dengan Mobiklin. Cek paketnya di sini.

Mobiklin sedang libur lebaran hingga Jumat, 14 Mei 2021. Mohon maaf lahir & batin 🙏

X