Kerusakan mobil tidak sepenuhnya terletak pada kualitas komponennya. Minimnya perawatan dan cara pemakaian yang kurang tepat juga bisa membuat mobil cepat rusak. Kelalaian seperti tidak memanaskan mobil atau gaya berkendara yang ugal-ugalan juga menjadi faktor utama penyebab kerusakan pada mobil.

Bagi Anda yang merasa performa mobil yang Anda kendarai kurang maksimal, jangan buru-buru membawanya ke bengkel. Masalah pada mobil Anda bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dapat membuat mobil cepat rusak sebagai berikut:

Kebiasaan Yang Membuat Mobil Cepat Rusak

Teknik Berkendara Yang Kurang Baik

cara berkendara yang asal asalan dapat menyebabkan mobil cepat rusak.

Sebelum memeriksakan masalah mobil ke bengkel, Anda juga harus mengintospeksi gaya berkendara yang Anda lakukan sehari-hari. Gaya berkendara yang asal-asalan juga sangat berpengaruh pada kondisi tiap komponen pada mobil.

Hal sederhana seperti memindahkan transmisi secara kasar, atau kurang pas saat menginjak pedal kopling juga dapat mempengaruhi kondisi mobil. Begitu pula jika Anda gemar menggeber gas mobil, kemudian menginjak rem secara mendadak. Jika dilakukan secara terus menerus tentu dapat membuat kampas rem cepat aus.

Sering Menahan Kopling

Kebiasaan ini mungkin tanpa sadar Anda lakukan saat menghadapi kemacetan. Agar mempercepat perpindahan transmisi mobil manual, Anda sering menahan setengah kopling. Menahan kopling biasanya bertujuan agar lebih mudah ketika memajukan mobil tanpa perlu memindahkan perseneling ke posisi netral. Namun perlu diingat, jika dilakukan dalam jangka panjang, kebiasaan ini membuat komponen kampas kopling menjadi panas dan cepat habis.

Tidak Mematikan Lampu

Tidak semua sistem kelistrikan mobil dibuat otomatis. Beberapa mobil tetap perlu mematikan lampu secara manual bahkan saat kondisi mobil off. Nah, lupa mematikan lampu mobil juga bisa membuat mobil cepat rusak.

Lampu yang menyala terus menerus akan menguras tenaga dari aki mobil. Walaupun aliran listrik dari aki terputus ketika mobil dimatikan, tenaga cadangan aki tetap menyumbang energi pada lampu yang belum dimatikan. Lama kelamaan, aki mobil menjadi tekor dan mobil Anda pun susah untuk dinyalakan.

Jarang Memanaskan Mobil

Sesibuk apa pun Anda, mobil tetap harus dipanaskan sebelum digunakan. Dalam kondisi off, suhu mesin mobil menjadi lebih dingin. Jika tidak dipanaskan, mobil yang langsung digeber membuat lonjakan suhu yang cukup ekstrim pada ruang pembakaran, kondisi ini dapat membuat mobil cepat rusak.

Sebenarnya, tak perlu waktu lama untuk memanaskan mobil. Cara memanaskan mesin mobil yang lama tidak terpakai adalah dengan mendiamkannya beberapa detik sebelum menyalakan mesin. Saat mesin menyala, biarkan sejenak sampai suhu mesin naik sesuai suhu idealnya.

Jarang Memperhatikan Kondisi Ban

Bagian kaki-kaki seperti ban dan velg menjadi areal yang sangat jarang diperhatikan. Walaupun tidak membutuhkan perawatan khusus selain membersihkannya secara rutin, ban dan velg menjadi bagian mobil yang menunjang performa berkendara.

Ban mobil yang tidak diperhatikan seringkali menjadi biang kerok kerusakan berat pada mobil. Ban yang terlalu tipis dan belum diganti juga sangat berbahaya jika tetap digunakan. Begitu pula bagian velg mobil. Masalah pada velg seringkali susah untuk dideteksi.

Anda hanya bisa merasakan ketidaknyamanan pada velg mobil ketika mobil Anda pernah menghantam jalan berlubang atau melewati medan berat. Tanpa disadari, velg yang jarang dirawat juga menjadi penyebab kerusakan mobil.

Tidak Membersihkan Mobil

jarang membersihkan mobil dapat membuat mobil cepat rusak.

Siapa yang tidak senang melihat mobil kinclong, wangi dan selalu tampak baru. Mobil yang bersih sangat berpengaruh pada performa berkendara. Kebersihan mobil juga menjadi salah satu faktor yang dapat membantu memperpanjang usia pakai komponennya.

Mobil yang dibiarkan kotor dan tak terawat tentu akan memiliki banyak masalah. Tak hanya kurang sedap dipandang, mobil yang kotor juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mobil kotor tentu menjadi tempat bermain yang asik bagi mikroorganisme pengganggu seperti jamur, bakteri bahkan virus sekalipun.

Tidak bisa dipunkiri jika jam kerja yang sibuk membuat Anda lalai untuk sekadar mencuci mobil. Membawa mobil ke salon mobil terdekat bahkan susah untuk dilakukan di tengah padatnya aktivitas Anda.

Sekarang, Anda tak perlu susah lagi untuk membersihkan mobil kesayangan. Anda bisa mendapatkan layanan cuci mobil berlangganan dan detailing mobil di rumah dari Mobiklin. Didukung operator berpengalaman dan peralatan profesional, Mobiklin siap membawakan car wash pribadi ke rumah Anda.

Anda juga bisa lebih mudah mengatur jadwal berlangganan dan memilih berbagai paket cuci mobil dan detailing mobil sesuai kebutuhan. Silakan cek paketnya di sini.

Mobiklin sedang libur lebaran hingga Jumat, 14 Mei 2021. Mohon maaf lahir & batin 🙏

X