Mengendarai mobil tua seakan memberikan kebanggaan tersendiri. Hingga saat ini, mobil klasik retro memang masih digemari para pegiat otomotif di dunia. Menariknya, mobil-mobil lawas ternyata sangat digemari kaum muda. Maka tak heran jika mobil tua keren masih menjadi incaran para kolektor atau modifikator otomotif.

ilustrasi dashboard mobil tua keren
Interior Dashboard Mobil Tua Bernuansa Klasik Retro

Selain desainnya yang unik, mobil tua seperti jenis mobil sedan klasik tergolong sebagai kendaraan segala zaman. Tak sedikit juga yang menggunakan mobil tua untuk harian. Walaupun berusia tua, dengan perlakuan yang benar, mobil-mobil klasik terbilang mudah untuk dirawat. Sebagian besar penggemarnya cenderung mencari mobil tua perawatan mudah dan murah, seperti yang dimiliki mobil tua keren sebagai berikut:

Mobil Tua Keren Yang Digemari Anak Muda

Datsun Bluebird 510

Datsun Bluebird 510, Sedan Klasik Retro Yang Populer Pada Zamannnya.
Datsun Bluebird 510

Label Bluebird menjadi nama lain dari mobil klasik retro. Hal ini karena Datsun 510 adalah nama ekspor dari Nissan Bluebird. Desainnya yang compact menjadikan mobil sedan klasik ini cukup lincah menelusuri jalan raya di Indonesia. Maka tak heran jika mobil ini juga digemari sebagai mobil tua untuk harian.

Diproduksi pada tahun 1968 sampai tahun 1973, Datsun Bluebird 510 dirilis dalam 3 varian, yaitu sedan 4 pintu, coupe dua pintu dan wagon. Desain mobil ini terinspirasi dari sedan retro dari Eropa, itu lah mengapa Datsun 510 juga dijuluki sebagai Poor Man’s BMW yang merujuk pada mobil bergaya BMW dengan harga murah.

Sejak awal diproduksi, Datsun Bluebird 510 ini memang dirancang khusus untuk menyasar pasar Amerika Serikat dan Eropa. Terbukti, sejak pertama kali dirilis, mobil ini langsung terjual sebanyak 45.000 unit di Amerika.

Soal mesin, Nissan membenamkan mesin bertipe J dan L 4 piston pada setiap varian 510. Mesin jenis ini juga diaplikasi untuk seri mobil sport Nissan seperti Fairlady Z dan Skyline. Berkapasitas mulai dari 1.3 liter sampai 1.8 liter, performa mesinya mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 sampai 105 Horse Power (HP).

Holden Kingswood

Holden Kingswood

Siapa yang tak kenal dengan mobil yang satu ini? Mobil sedan klasik ini menjadi satu di antara mobil tua keren yang legendaris. Diproduksi di Australia, Holden Kingswood mengusung mesin berkapasitas 2.500 cc. Desainnya yang maskulin menjadi nilai plus bagi mobil klasik retro ini.

Mobil yang populer di era 1980-an ini masih digemari hingga sekarang. Hal ini terlihat dari munculnya komunitas Holden Kingswood Indonesia. Walaupun mengusung kapasitas mesin yang lumayan besar, mobil dengan mesin enam silinder ini termasuk irit.

Selain eksteriornya yang sedap dipandang, interior Holden Kingswood pun cukup elegan. Terlebih aksesoris dan spare part mobil sedan klasik ini masih mudah didapat. Komunitas seperti Holden Kingswood Indonesia dapat menjadi media bertukar informasi tentang pernak pernik dan perawatan Holden Kingswood.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Mobil Classic Agar Tetap Awet

Toyota Hardtop

Diproduksi pada tahun 1960, mobil yang memiliki nama asli Toyota Land Cruiser FJ40 ini layak dimasukkan dalam daftar mobil tua keren. Bermula sebagai kendaraan pasukan Cakrabirawa di tahun 1963, Toyota Hardtop kemudian sangat populer sebagai kendaraan sipil di era 1980-an.  

Kedatangan Toyota Hardtop ini diinisiasi oleh Presiden Soeharto. Saat berkunjung ke Jepang, Soeharto langsung terkesima ketika melihat FJ40 dan memutuskan untuk memboyong mobil tersebut sebagai kendaraan militer.

Kesan gahar dan macho sangat terpancar pada rancang bangun Toyota Hardtop. Spesifikasi Toyota Hardtop terkenal tangguh dengan mesin 3.9 liter F-OHV. Sayangnya FJ40 memang terbilang boros penggunaan BBM.

Maka dari itu, mobil ini lebih cocok digunakan sebagai kendaraan medan berat atau off-road dibandingkan untuk kendaraan harian. Hingga saat ini, Toyota Hardtop masih digemari pegiat off-road di Indonesia.

Toyota Corolla DX KE70

Toyota Corolla DX, Foto: Pinterest.

Generasi ke empat dari Toyota Corolla ini sempat menjadi primadona di era 1980 hingga 1990 an. Mobil yang cukup futuristik di masa nya itu masih sering melintas di jalanan Indonesia dan masih digemari anak muda hingga sekarang.

Desainnya yang kotak menjadi ciri khas mobil tua keren pada masanya. Tak hanya penampilan luar, spesifikasi Toyota Corolla DX juga terbilang mumpuni digunakan sebagai mobil tua untuk harian. Bermodal mesin 4K-U 1.3 liter, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 62 HP dengan torsi 97 Nm.

Konsumsi BBM nya pun cukup irit, yaitu 1 liter untuk 9 sampai 12 kilo meter. Maka tak heran jika Toyota Corolla DX dinobatkan sebagai salah satu mobil tahun 80an yang irit bbm. Saking larisnya, Toyota Corolla DX pun dirilis dalam banyak varian, seperti sedan, coupe liftback, station wagon hingga model van.

Namun, varian mobil sedan retro menjadi yang terlaris dari semua varian. Bentuknya yang retro menjadi incaran penggemar modifikasi. Corolla DX sangat cocok dimodifikasi dengan berbagai gaya, seperti gaya rally look atau gaya classic stance yang super ceper.

BMW E30

BMW E30 menjadi mobil tua keren yang sangat populer hingga saat ini.

Siapa yang tak jatuh hati ketika melihat mobil klasik BMW yang satu ini. Terkenal sebagai tunggangannya anak konglomerat, BMW E30 populer di Indonesia pada era 1980-an. Apalagi sejak dikendarai Mas Boy di film Catatan Si Boy, BMW E30 sempat menjadi ikonnya mobil anak muda.

Diproduksi tahun 1982, generasi ke-7 dari BMW seri 3 ini masih eksis sampai sekarang. Bermodal mesin 1.500 cc 4 silinder, mobil tua keren ini juga terkenal dikalangan pembalap. Terlebih, mobil sedan redan klasik ini juga diproduksi dalam berbagai varian, seperti sedan dua pintu, hingga model coupe dan convertible. Sejak pertama dirilis, penjualan mobil klasik BMW E30 menembus angka lebih dari dua juta unit.