Mobil tampak kusam dan tak muncul kilau alaminya menjadi masalah serius yang harus segera dicari solusinya. Walau terlihat sepele, body mobil yang kusam dapat menurunkan nilai estetika dan nilai jual dari mobil tersebut. Anehnya, masalah ini pun sering terjadi pada mobil yang sering keluar masuk salon mobil lho. Sebenarnya akar masalah mobil kusam ini terletak pada shampo mobil yang digunakan.

jangan asal pilih sabun cuci mobil

Salah pilih shampo fatal akibatnya, walau sudah dipoles berulang kali oleh jasa detailing mobil profesional, lapisan cat yang pudar tak akan bisa kembali seperti semula. Tak bisa dipungkiri bahwa banyak pemilik mobil yang masih menganggap sepele pemilihan sampo atau cairan pembersih untuk mobil. Apalagi bagi mereka yang sering mencuci mobil di salon mobil terdekat, saat ini banyak beredar sampo mobil oplosan tanpa merek yang digunakan oleh pemilik jasa cuci mobil konvensional.

Sekilas, shampo mobil oplosan ini terlihat seperti merek ternama. Bahkan ada yang bisa menghasilkan busa melimpah yang jika dicampur dengan nitrogen akan mengeluarkan busa tebal seperti salju atau yang disebut juga sebagai snow wash. Trik ini kerap digunakan pelaku bisnis car wash untuk mengelabui konsumen. Busa yang melimpah tersebut dijadikan sebagai bagian dari entertainment yang seolah-olah membuat mobil atau motor yang dicuci akan bersih maksimal.

Yang harus Anda ketahui adalah, tidak semua detergen cukup aman untuk mencuci mobil. Sampo dengan kadar detergen tinggi bahkan bisa mengikis lapisan cat mobil jika digunakan terus menerus. Itu lah mengapa mobil membutuhkan sampo dan cairan pembersih khusus agar bersih maksimal dan terjaga kelembabannya.

Bahaya Menggunakan Shampo Oplosan

Walau jika dilihat sekilas tampak sama dengan sampo bermerek, shampo mobil oplosan yang beredar di pasaran biasanya tidak memiliki izin produksi dan tak jelas bahan bakunya. Jika digunakan sesekali mungkin tidak akan menimbulkan masalah, namun jika Anda perhatikan lama kelamaan lapisan cat pada mobil Anda akan semakin pudar dan tampak kusam.

bahaya sampo mobil oplosan

Kenapa begitu? Sebenarnya cat mobil itu cukup tebal karena terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan terluar pada mobil ini lah yang terlihat mengkilap dan kinclong setelah dicuci menggunakan sampo mobil oplosan. Umumnya, sampo abal-abal ini mengandung cleaner atau zat pembersih yang terlalu kuat seperti yang terkandung pada sabun pencuci piring dan pakaian.

Jadi, jangan heran jika ketika dicuci menggunakan sampo ini, mobil kesayangan Anda akan terlihat mengkilat seperti mobil baru. Karena mengandung zat pembersih yang kuat, sampo oplosan mampu mengangkat noda membandel seperti debu halus, minyak, bekas aspal dan sebagainya. Namun, saking kuatnya zat tersebut, lapisan terluar cat mobil (wax, sealant dan coating) pun ikut terkikis.

Jika digunakan dalam waktu yang lama, body mobil Anda akan memperlihatkan efek water spot atau bintik-bintik kecil seperti jamur kaca. Bagian tersebut menandakan bahwa sudah tidak ada lagi lapisan luar pada body mobil kesayangan Anda. Lantas apa solusinya? Mari kita bahas lebih jauh pada ulasan selanjutnya.

Memilih Shampo atau Sabun Cuci Mobil Yang Tepat

memilih sampo mobil yang benar

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih shampo atau sabun cuci mobil yang benar:

Pilih Yang Tidak Mengandung Bahan Berbahaya

Walaupun cat mobil dibuat berlapis-lapis, namun tak semua cat mobil tahan dengan bahan-bahan berbahaya seperti HCl (acid hidroklorida), KOH (potasium hidroksida), NaOH (sodium hidroksida) dan bahan-bahan bersifat asam lainnya. 

Pastikan juga sampo atau cairan pembersih yang digunakan untuk detailing mobil Anda tidak mengandung silikon dalam jumlah banyak. Kandungan silicon berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada cat mobil kesayangan Anda. 

Pilih Sampo Yang Mengandung Brightening Agent

Bagi Anda yang faham tentang detailing mobil tentu mengerti apa itu brightening agent? Zat ini berfungsi untuk memunculkan kilau alami pada body mobil. Tidak semua sampo atau cairan pembersih yang digunakan pada detailing mobil mengandung zat ini. Bahkan produk pembersih yang kerap digunakan oleh jasa cuci mobil atau salon mobil profesional sekalipun belum tentu mengandung zat pengkilap ini.

Perhatikan Kadar PH Sampo Mobil

Power of Hydrogen (PH) merupakan derajat keasaman pada suatu larutan. Keasaman yang dimaksud adalah konsentrasi ion hidrogen yang dimiliki oleh larutan tersebut. Nilai PH ditentukan oleh angka 0 hingga 14. Semakin tinggi angka yang ditunjukan pada larutan, maka sifatnya semakin basa, sebaliknya jika semakin rendah maka sifat larutan tersebut semakin asam.

Sifat PH ini akan terlihat ketika menyentuh permukaan suatu benda baik benda mati atau benda hidup. Nilai PH 0 sampai 6 menunjukkan sebuah larutan bersifat asam, angka 4 sampai 6 biasanya ditemukan pada sabun mandi dan produk perawatan tubuh manusia.

Sementara PH yang berkisar antara 8 sampai 14 menunjukkan sifat basa, sabun cuci piring dan deterjen yang mengandung zat pembersih kuat berada di angka ini. Sementara, khusus untuk shampo mobil, pilihlah sampo yang memiliki PH netral yang ditunjukkan melalui angka 7. PH yang netral tidak akan menimbulkan reaksi kimia pada permukaan cat mobil, sehingga aman digunakan untuk mencuci mobil sesering yang Anda inginkan.

Jangan Terkecoh Dengan Busa Yang Banyak

Seringkali kita terpukau dengan produk shampo mobil yang mengeluarkan busa melimpah. Hal ini kerap terjadi ketika kita mengunjungi jasa cuci mobil terdekat atau layanan detailing cuci mobil komersial yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Padahal, busa atau buih yang melimpah menandakan zat yang terkandung pada cairan pembersih tersebut terlalu kuat atau bersifat basa. Jadi, semakin banyak busa yang dihasilkan maka semakin tinggi tingkat PH basa pada cairan pembersih tersebut.

Kandungan basa yang umumnya ditemui pada sampo cuci mobil oplosan ini cukup berbahaya pada cat mobil. Jika terlalu sering digunakan lapisan coat, wax atau sealant pada cat mobil akan mudah pecah dan getas. Ini lah mengapa cat mobil Anda terlihat kusam dan belang setelah dicuci menggunakan sampo cuci mobil oplosan.

Pilih Sampo Khusus Mobil Merek Ternama

Saat ini tak sulit menemukan sampo khusus cuci mobil di pasaran. Anda bahkan bisa menemukan berbagai produk sampo cuci mobil premium di platform toko online. Sampo cuci mobil premium biasanya digunakan untuk keperluan jasa cuci mobil atau detailing mobil profesional.

hati hati memilih cairan pembersih mobil.

Walaupun harganya terbilang mahal, shampo mobil premium dirancang khusus untuk membersihkan mobil tanpa merusak lapisan cat dan melindungi kilau alami mobil kesayangan Anda. Salah satu produk sampo cuci mobil profesional yang sering digunakan adalah Meguiar’s.

Produk asal luar negeri ini memang telah dikenal sejak lama oleh pelaku bisnis detailing mobil di dunia. Meguiar’s menawarkan beragam produk cairan pembersih yang diramu khusus dengan formula yang sesuai dengan material mobil.

Di antara begitu banyak pilihan, Meguiar’s Gold Class dan Meguiar’s Hyper Wash yang terbilang laris di pasaran. Meguiar’s Gold Class dibuat dengan kandungan conditioner khusus yang mampu membersihkan mobil secara maksimal tanpa merusak lapisan wax pada body mobil Anda.

Sementara itu, Meguiar’s Hyper Wash digadang-gadang sebagai sampo cuci mobil profesional terbaik di kelasnya. Sampo ini dirancang khusus untuk melindungi permukaan mobil sekaligus memunculkan kilau alami pada body mobil. Selain itu, bahan yang digunakan pada sampo ini terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan.

Berlangganan Jasa Cuci Mobil di Rumah

Dari pemaparan di atas, Anda akan lebih memahami betapa urusan cuci mobil tidak bisa dipandang sebelah mata. Memilih shampo mobil pun memerlukan pemahaman tersendiri, belum lagi teknik mencuci atau detailing mobil yang benar.

berlangganan jasa cuci mobil di rumah yang profesional dan bisa dipercaya.

Bagi Anda yang tidak ingin membuang waktu mengantri di car wash konvensional, Anda bisa memilih jasa cuci mobil di rumah berlangganan. Ada begitu banyak jasa cuci mobil yang bisa Anda temui di internet. Satu di antaranya adalah jasa cuci mobil di rumah oleh Mobiklin.

Tak hanya melayani cuci mobil berlangganan, Mobiklin juga menyediakan paket detailing mobil yang lengkap dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mengusung konsep cuci mobil profesional berlangganan, Mobiklin siap memberikan layanan car wash pribadi yang nyaman dan aman kepada Anda.

Didukung oleh operator yang terampil, Mobiklin selalu menggunakan sampo atau cairan pembersih mobil premium untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan. Mobiklin menggunakan produk sampo mobil Meguiar’s Gold Class untuk Anda yang berlangganan paket Bronze, Silver dan Gold (informasi paket bisa dilihat di sini).

Khusus bagi Anda yang berlangganan paket Diamond dan Ultimate, Mobiklin menggunakan Meguiar’s Hyper Wash untuk membersihkan mobil Anda. Tak hanya itu, Mobiklin juga memberikan garansi after service 24 jam berupa cuci mobil kembali jika Anda merasa layanan Mobiklin tidak memuaskan.

Jadwal cuci mobil pun bisa Anda atur sesuai keinginan dan bisa dipadupadankan dengan pilihan paket lainnya. Misalnya Anda berlangganan cuci mobil rutin dua kali seminggu, Anda bisa menambah paket detailing mobil, interior maupun exterior detailing yang bisa Anda atur sesuai keinginan.

Mobiklin sedang libur lebaran hingga Jumat, 14 Mei 2021. Mohon maaf lahir & batin 🙏

X