Selain di dalam dan atap rumah, jejak tikus terkadang sering kita jumpai di mobil kesayangan. Hewan pengerat tersebut meninggalkan jejak bau yang khas, kotoran, dan dedaunan kering yang ia bawa dari luar mobil. Keberadaannya tentu membuat kita tak nyaman, selain meninggalkan jejak juga beresiko merusak komponen penting mobil kita, terutama kelistrikan. Berikut beberapa tips untuk usir & buat tikus tidak betah di dalam mobil yang mungkin akan bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Tikus Senang di Mobil

Sebelum kita membahas cara mengusir tikus, kta kenali terlebih dahulu penyebab tikus senang membuat sarang di mobil kita. Plunkett’s Pest Control menjelaskan bahwa tikus menyukai tempat yang hangat, kering, dan aman untuk membuat sarang mereka. Nantinya sarang tersebut akan ia gunakan untuk berkembang biak dan membesarkan anak-anaknya. Kondisi kap mobil menjadi tempat yang paling cocok untuk tikus membuat sarang, terlebih jika jarang dibersihkan. 

Selain tempat yang hangat dan kering, tikus juga menyukai tempat yang kotor. Mobil yang jarang dibersihkan baik interior maupun eksterior akan menjadi sasaran empuk untuk tikus membangun sarang. Terlebih jika kerap parkir di dekat kebun maupun tempat sampah, tentu mempermudah tikus untuk mengakses mobil kesayangan Anda.

Cara Mengatasi Agar Tikus Tak Betah di Mobil

Beberapa tips untuk usir & buat tikus tidak betah di dalam mobil ini mungkin akan bermanfaat untuk Anda.

1. Taburkan kamper atau kapur barus

Bau menyengat dari kamper atau kapur barus membuat tikus tak nyaman berlama-lama di kap mobil. Dengan rutin meletakkan kapur barus di bagian mobil yang sering didiami tikus, membuat tikus akan pergi.

2. Panaskan Mesin Tiap Hari

Saat kerja WFH tentu kita tak sering menggunakan mobil seperti biasanya. Walaupun begitu sebaiknya tetap rutin memanaskan mesin. Kebiasaan ini membuat  ruang mesin menjadi tidak lembab dan panas, sehingga tikus tidak mau datang ke tempat ini.

3. Memasang Lampu LED 

Tikus sangat senang dengan tempat yang gelap, oleh karena itu memasang LED di sekitar mesin mobil bisa menjadi solusi untuk mengusir tikus. Gunakan LED Low Voltage agar tidak banyak menyerap konsumsi aki

4. Selalu jaga kebersihan kabin

Kabin yang menyimpan banyak kotoran dan sisa-sisa makanan mengundang tikus datang. Untuk itu menjaga kebersihan kabin dengan cara berlangganan cuci mobil menjadi pilihan terbaik, agar kabin mobil kesayangan Anda tetap bersih.

5. Rutin membersihkan ruang mesin 

Selain kabin, ruang mesin pun wajib dijaga kebersihannya. Sangat berbahaya jika tikus sampai membuat sarang di sana. Melakukan Engine Detailing bisa menjadi pilihan agar ruang mesin terjaga kebersihan dan kilaunya. 

Kebersihan Rutin Adalah Kunci

Merawat kebersihan mobil sudah menjadi kewajiban agar mobil kesayangan kita terjaga kebersihan dan tampil optimal. Dengan cuci mobil berlangganan tentu akan memudahkan kita menjaga kebersihan mobil secara rutin, agar terhindar dari berbagai hewan pengerat, bakteri, dan jamur. Kita pun tambah percaya diri membawa mobil kesayangan. 

Mobiklin sedang libur lebaran hingga Jumat, 14 Mei 2021. Mohon maaf lahir & batin 🙏

X