Poles mobil secara rutin menjadi salah satu cara yang harus dilakukan untuk merawat mobil kesayangan. Apalagi bagi Anda yang memiliki jam terbang tinggi, melakukan detailing mobil di rumah sudah menjadi keharusan agar mobil kesayangan tetap bersih mempesona. Mobil yang bersih maksimal dengan kilau alami lapisan cat yang terjaga tentu lebih sedap dipandang.

Namun, terkadang ada kalanya Anda merasa enggan untuk berkunjung ke salon mobil terdekat. Selain memakan waktu karena harus mengantri, mengunjungi jasa cuci mobil atau salon mobil terdekat juga beresiko di kondisi seperti sekarang ini. Sebagian besar car wash konvensional yang biasa Anda temui cenderung melakukan kontak fisik dengan banyak orang, belum lagi metode pembayaran cash yang kurang efisien untuk kondisi saat ini.

Solusinya, Anda bisa mempercayakan urusan membersihkan mobil kepada jasa cuci mobil panggilan. Jasa cuci mobil seperti ini menyediakan layanan cuci mobil di rumah yang jadwalnya bisa Anda atur sesuai keinginan. Selain itu, beberapa di antaranya bahkan menawarkan jasa detailing mobil di rumah yang bisa Anda pesan kapanpun dibutuhkan.

Namun, sebelum memesan detailing mobil di rumah, ada baiknya jika Anda mengetahui cara cuci mobil di rumah yang benar sebagai berikut:

detailing mobil di rumah

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Jasa Detailing Mobil di Rumah

Siapkan Waktu Pengerjaan Detailing Mobil di Rumah

Anda harus menyiapkan waktu khusus saat memesan jasa detailing atau poles mobil profesional. Tetapkanlah jadwal yang pas untuk membersihkan mobil kesayangan Anda, karena detailing mobil biasanya memakan waktu yang lumayan lama. 

Anda bisa meminta jadwal khusus kepada jasa poles mobil yang Anda pilih, misalnya pagi antara pukul 8 hingga sore hari pukul 6. Bila Anda memiliki lebih dari satu kendaraan, Anda juga bisa menentukan jadwal di hari yang sama, agar keesokan harinya mobil Anda bisa digunakan untuk beraktivitas seperti biasa.

Minta Minimal 2 Orang Untuk Mencuci Mobil Anda

Detailing mobil biasanya dilakukan dalam satu rangkaian yang cukup lama. Mulai dari mencuci mobil, poles mobil hingga membersihkan kabin dan bagian interior mobil. Karena pekerjaan ini cukup kompleks, mintalah kepada jasa detailing mobil yang Anda pilih untuk menyediakan minimal dua orang car groomer.

Memilih Jenis Layanan Detailing Mobil di Rumah

Ada berbagai jenis layanan poles mobil di rumah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, antara lain:

Layanan Cuci Mobil di Rumah

Sebelum dipoles, mobil seharusnya dicuci hingga benar-benar bersih. Layanan cuci mobil di rumah biasanya menjadi satu rangkaian dari jasa detailing mobil profesional. Mintalah kepada penyedia layanan untuk mencuci seluruh permukaan mobil, mulai dari body, kaca, velg dan ban, hingga bagian interior seperti karpet, jok dan dashboard.

Interior dan Exterior Detailing

Dua jenis layanan ini lebih kompleks dari sekadar cuci mobil. Interior detailing dilakukan untuk membersihkan bagian interior dan kabin mobil menggunakan vacuum berteknologi khusus. 

Layanan ini digunakan untuk membersihkan segala jenis noda, bakteri, maupun virus yang melekat pada jok, karpet, panel dashboard, panel pintu hingga bagian yang tersembunyi pada kabin mobil.

Sementara exterior detailing dilakukan untuk membersihkan segala jenis noda yang menempel pada body mobil seperti jamur, bercak air, bekas aspal, baret halus menggunakan cairan pembersih khusus yang mengkilapkan body mobil Anda.

Complete Detailing

Jauh lebih kompleks dari sekadar cuci mobil, interior dan exterior detailing, layanan complete detailing akan membersihkan semua bagian pada mobil. Selain interior dan exterior, layanan ini juga mengerjakan engine detailing untuk membersihkan ruang mesin, tire & rims detailing untuk membersihkan ban dan velg, hingga window detailing untuk membersihkan kaca jendela pada mobil kesayangan Anda.

Peralatan Detailing Mobil Yang Harus Anda Ketahui

peralatan detailing mobil di rumah

Selang Air Khusus

Mencuci di rumah tentu berbeda dengan di tempat pencucian mobil. Selang merupakan benda wajib yang harus digunakan saat mencuci mobil. Sebenarnya, mencuci mobil tidak harus menggunakan selang bertekanan tinggi seperti yang ada di car wash komersial. Jika tidak digunakan secara hati-hati, air bertekanan tinggi justru berpotensi merusak lapisan cat mobil kesayangan Anda.

Jasa detailing mobil di rumah yang profesional biasanya telah membekali tim nya dengan selang cuci khusus. Selang ini biasanya dilengkapi gun sprayer yang memiliki berbagai fungsi seperti jet, mist, flat, full, center, cone, hingga shower. Masing-masing mode bisa disesuaikan dengan kondisi mobil.

Vacuum Cleaner dan Ekstraktor

Jika Anda memesan jasa interior detailing, vacuum cleaner tentu menjadi alat wajib yang harus digunakan. Alat ini berfungsi untuk menghisap debu dan kotoran yang ada di dalam kabin, di bawah karpet, di sela-sela jok atau tempat tersembunyi lainnya. 

Ada pula ekstraktor yaitu vacuum cleaner berteknologi khusus yang memerlukan cairan pembersih atau air hangat ketika digunakan. Vacuum ekstraktor berfungsi untuk mengangkat segala jenis noda membandel yang tidak bisa hilang dengan vacuum cleaner biasa.

Tire Brush

Sesuai namanya, sikat ini digunakan khusus untuk membersihkan bagian ban. Sikat yang agak kasar ini hanya boleh digunakan pada ban dan tidak boleh digunakan membersihkan bagian lainnya, terutama body mobil dan bagian interior.

Carpet Brush

Serupa dengan tire brush, sikat ini hanya diperuntukkan bagi permukaan yang kasar. Detailing mobil memang sangat kompleks, jadi masing-masing alat memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Velg Brush

Tak boleh sembarangan untuk membersihkan velg. Karena berlapis krom, velg harus diperlakukan secara hati-hati agar bersih maksimal tanpa merusak lapisannya.

Lap Chamois

Lap ini tidak boleh ketinggalan. Lap yang sering juga disebut “Kanebo” ini dirancang khusus dengan daya serap yang tinggi. Lap chamois mampu menyerap air dalam waktu singkat.

Sponge

Sponge atau spons sangat diperlukan untuk mencuci body mobil. Karena berdaya serap tinggi, spons mampu menghasilkan busa yang melimpah ketika dicampur dengan air sampo. Jasa detailing mobil yang menerima cuci mobil di rumah biasanya selalu menyediakan spons baru untuk mencuci mobil pelanggannya. Spons yang digunakan pun tidak sembarangan. Spons khusus cuci mobil dibuat dari busa yang lembut untuk mengurangi resiko body mobil tergores ketika dicuci.

Interior Brush

Sekilas tampak seperti kuas make up. Interior brush memang dirancang khusus untuk membersihkan bagian interior mobil, mulai dari dashboard, panel pintu, dan jok. Kuas ini dibuat dengan material yang lembut sehingga tidak menimbulkan baret atau goresan pada permukaan yang dibersihkan.

Cairan Pembersih Mobil

shampo mobil premium

Tidak boleh sembarangan memilih cairan pembersih mobil. JIka Anda menggunakan jasa cuci mobil atau detailing mobil di rumah, adalah hal wajar jika Anda menanyakan jenis sampo dan cairan pembersih yang mereka gunakan. Karena tak sedikit jasa cuci mobil panggilan yang menggunakan sampo oplosan yang kualitasnya masih diragukan.

Tidak ada salahnya untuk memeriksa sampo mobil yang mereka bawa. Perhatikan kadar PH  (power of hydrogen) pada sampo mobil tersebut. Sampo mobil yang benar seharusnya memiliki PH netral yang ditunjukkan dengan angka 7. Selain PH netral, sampo mobil juga harus mengandung brightening agent atau zat yang berfungsi untuk memunculkan kilau alami lapisan car mobil Anda.

Jika masih ragu, Anda bisa melihat dari merek sampo yang digunakan. Saat ini sampo mobil terbaik yang digunakan detailing mobil profesional adalah buatan Meguiar’s. Sampo mobil premium ini menyediakan berbagai produk cairan pembersih mobil seperti Meguiar’s Gold Class dan Meguiar’s Hyper Wash.

Cairan Poles

Poles mobil tentu memerlukan cairan poles khusus. Saat ini terdapat berbagai jenis cairan poles yang mudah anda temukan di toko online. Pilihlah cairan poles sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Cairan poles yang biasa digunakan terdiri dari Heavy Cut Compound, Medium Cut Compound, Finishing dan Protection.

Heavy Cut Compound

Cairan poles ini hanya diperuntukkan bagi jasa detailing mobil profesional. Heavy cut compound digunakan pada permukaan cat yang mengalami baret dan swirl atau goresan seperti sarang laba-laba. Compound yang bersifat abrasif ini juga mampu menghilangkan sisa pengamplasan yang meninggalkan jejak di body mobil. 

Medium Cut Compound

Cairan poles ini cocok digunakan pada mobil yang tidak terlalu parah, seperti oksidasi ringan akibat air hujan, kusam akibat sisa busa sampo yang tidak kering atau baret-baret ringan. Medium cut compound juga berguna untuk menghasilkan efek lebih mengkilap atau glossy. 

Finishing Compound

Cairan poles jenis ini mampu mengatasi noda membandel seperti getah pohon, kotoran burung atau waterspot akibat hujan dan jamur pada permukaan cat. Finishing compound juga digunakan sebagai pernis dasar atau clear coat untuk melindungi permukaan cat dari sinar ultraviolet (UV).

Protection Compound

Sesuai namanya, cairan poles jenis ini digunakan untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal dari finishing compound. Protection compound dirancang khusus dengan zat yang menghasilkan lapisan film pada permukaan cat mobil. Compound ini juga mampu menghasilkan kilap alami yang cemerlang.

Mesin Poles dan Alas Poles

Layanan exterior dan interior detailing dari Mobiklin.

Alat yang satu ini menjadi andalan bagi jasa poles mobil profesional. Mesin otomatis ini digunakan untuk mempermudah memoles mobil secara otomatis. Mesin ini menggunakan tiga jenis alas poles (polish pad) yang terdiri dari tiga level berbeda, yaitu halus, sedang dan kasar.

Polish pad yang kasar pun terdiri dari tiga jenis, yaitu grit 1500, grit 2500 dan grit 3000. Polish pad grit 1500 digunakan untuk mengurangi kerusakan cat berupa orange peel atau yang seperti kulit jeruk. Grit 2500 digunakan untuk menghaluskan orange peel tadi, kemudian berlanjut hingga grit 3000 jika kerusakan cat terlalu dalam.

Polish pad sedang yang bertekstur seperti bulu domba digunakan untuk proses compounding, yaitu teknik paint correction untuk mengatasi kerusakan menengah seperti baret yang lebih dalam, lubang lubang kecil atau permukaan cat yang terlihat retak atau pudar.

Polish pad halus yang berbentuk spons digunakan untuk mempermudah proses polishing, yaitu teknik untuk mengatasi kerusakan ringan seperti baret halus, goresan kecil atau swirl yang berbentuk seperti sarang laba-laba.

Penggunaan masing-masing teknik disesuaikan dengan kondisi kendaraan berdasarkan tingkat kerusakan permukaan cat mobil kesayangan Anda. Maka dari itu, agar tidak mendapatkan layanan yang salah, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli poles mobil profesional di sini (link).

Lap Microfiber

Lap ini dirancang khusus untuk membersihkan material mobil secara maksimal. Lap microfiber dibuat dengan bahan khusus yang mampu membersihkan mobil tanpa menimbulkan bekas goresan dan baret halus. Tekstur lap ini lebih lembut dan lebih tebal dibandingkan lap kain biasa. 

Bucket

Bucket atau ember tentu diperlukan selama proses detailing mobil di rumah. Fungsinya untuk menampung air terutama yang sudah bercampur sampo mobil dan cairan pembersih. Kapasitas bucket bisa Anda sesuaikan dengan ukuran mobil yang Anda cuci. Satu mobil minivan biasanya menghabiskan 11 liter air dalam sekali cuci.

Semir Ban

Yang terakhir adalah semir ban. Fungsinya tentu saja untuk melapisi ban agar terlihat lebih bersih. Semir ban juga berguna untuk melindungi elastisitas ban sehingga tidak mudah retak dan kering. Semir ban juga kerap digunakan untuk melapisi bagian body, spakbor atau material mobil yang berwarna hitam dop. Namun, detailing mobil profesional biasanya menggunakan semir ban premium yang hanya digunakan untuk ban mobil.

Langkah-Langkah Poles Mobil Complete Detailing Yang Harus Anda Ketahui

Nah itu lah beberapa alat yang digunakan untuk jasa detailing mobil di rumah. Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan langkah-langkah dalam memoles mobil yang benar, sebagai berikut:

Cuci mobil di rumah starter pack. Cuci mobil panggilan profesional tanpa repot antri.

Dimulai Dari Mencuci Mobil

Sebelum mengerjakan detailing mobil, pastikan kondisi mobil Anda benar-benar bersih dari kotoran, debu halus dan noda yang menempel di permukaannya. Untuk itu, jasa poles mobil profesional biasanya akan mencuci mobil Anda terlebih dahulu. Waktu pengerjaan cuci mobil ini bervariasi tergantung dari tingkat kekotoran mobil Anda.

Memoles dari Bagian Luar

Ada tiga bagian yang perlu diperhatikan saat memoles mobil. Ini juga menjadi indikator yang menyatakan bahwa jasa poles atau detailing mobil yang Anda ajak kerjasama termasuk jasa yang profesional. Anda harus memastikan bahwa mereka melakukan detailing dari bagian atas, samping hingga bagian belakang secara merata.

Memoles Bagian Kaca dan Sela-Sela Mobil

Setelah bagian terluar sudah dipoles semua, selanjutnya Anda bisa meminta car groomer untuk memoles bagian kaca dan bagian yang berbahan mika seperti jendela, lampu utama mobil, spion dan lampu belakang mobil. Terkadang ada saja kotoran tersembunyi yang menempel pada bagian-bagian tersebut. Maka dari itu, sebagai konsumen Anda juga harus lebih teliti memperhatikan beberapa bagian yang luput dari pandangan mata.

Memoles Bagian Interior

Anda harus menyiapkan waktu khusus untuk interior detailing. Mengerjakan detailing mobil bagian dalam biasanya memakan waktu yang tidak sebentar. Jasa poles mobil profesional biasanya akan melepas jok, karpet hingga tidak ada lagi kotoran tersembunyi yang lolos dari pengerjaan detailing.

Apalagi jika mobil Anda pernah terkena banjir, operator detailing mobil pasti harus bekerja ekstra keras untuk membersihkan sisa lumpur, jamur dan bau apek yang tertinggal di dalam kabin mobil. Jangan lupa untuk meminta jasa poles mobil yang Anda sewa untuk membersihkan saluran AC dengan alat fogging untuk membunuh kuman, virus, bakteri dan parasit yang mungkin bersarang di kabin mobil kesayangan Anda.

Fokus Membersihkan Jendela, Ruang Mesin hingga Ban dan Velg

Jika langkah-langkah di atas dirasa kurang cukup, Anda juga bisa meminta operator detailing mobil untuk membersihkan bagian jendela beserta panel-panelnya, bagian ruang mesin hingga ban dan velg. Untuk membersihkan bagian-bagian tersebut diperlukan keahlian khusus yang hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah terlatih.

Apalagi untuk membersihkan bagian ruang mesin. Pada bagian ini terdapat begitu banyak komponen mesin yang cukup sensitif jika terkena air. Maka dari itu sebaiknya Anda tidak melakukannya sendiri. Percayakan urusan detailing mobil kepada jasa poles mobil profesional yang sudah terpercaya.

Mobiklin sedang libur lebaran hingga Jumat, 14 Mei 2021. Mohon maaf lahir & batin 🙏

X