Kaca mobil yang kusam kerap menimbulkan masalah bagi pemilik mobil. Kaca mobil yang terlihat buram biasanya disebabkan oleh jamur kaca mobil. Tak hanya terlihat kotor, kaca yang kusam tentu mengganggu visibilitas berkendara. Semahal apapun kaca film mobil yang Anda gunakan menjadi tak berarti jika ditumbuhi jamur kaca mobil yang membandel.

Jika sudah begini, Anda mungkin bergegas mengambil cairan pembersih kaca untuk menghilangkan jamur kaca mobil yang membandel tersebut. Sesekali mungkin tidak apa-apa, namun pembersih kaca rumahan dapat merusak partikel kaca jika digunakan terus menerus. Sebagian besar cairan pembersih kaca rumah mengandung amonia, yaitu senyawa nitrogen dan hidrogen yang cukup keras.

Bersihkan jamur kaca mobil yang membandel.

Kandungan ini berefek instan, kaca yang semula kusam akan langsung jernih setelah dibersihkan menggunakan cairan pembersih kaca rumahan. Namun, lama kelamaan kaca mobil yang jernih akan menjadi semakin buram akibat senyawa kimia yang terkandung pada cairan tersebut. Kaca mobil memiliki struktur yang berbeda dari kaca rumah, kaca film mobil mengandung lapisan yang dirancang khusus untuk memaksimalkan visibilitas pengendaranya.

Lapisan ini cukup rapuh jika terkena bahan kimia yang keras. Maka dari itu, Anda juga harus berhati-hati saat ingin melakukan poles kaca mobil. Pembersih kaca mobil yang tepat tak hanya mampu menghilangkan jamur kaca mobil, tapi juga dapat melindungi lapisan kaca film mobil untuk jangka waktu yang lama.

Sebagai langkah awal membersihkan jamur kaca mobil, Anda bisa melakukan cara sederhana sebagai berikut.

Cara Mudah Membersihkan Jamur Kaca Mobil

Gunakan Air Bersih

Jangan buru-buru menyiramkan sabun untuk cuci mobil di rumah pada kaca mobil Anda. Basahi saja kaca mobil menggunakan air bersih. Tunggulah sejenak dan keringkan sisa air yang disiramkan tadi. Jangan biarkan air mengering sendiri di kaca mobil, air yang menguap karena sinar matahari dapat meninggalkan bercak yang sulit dihilangkan. Bercak inilah yang kemudian menjadi tempat berkembangnya jamur kaca mobil.

Mobiklin_Window_Gallery_5

Bersihkan Kotoran Yang Menempel

Setelah diguyur dengan air bersih, langkah selanjutnya Anda bisa membersihkan kotoran yang menempel pada kaca mobil. Tanpa disadari kaca mobil Anda mungkin telah dihinggapi begitu banyak kontaminan seperti debu halus, bekas asap mobil dan sisa jelaga aspal. Gunakanlah lap dari bahan lembut atau lap microfiber untuk membersihkan kotoran yang menempel, menggunakan kemoceng atau lap kasar dapat meninggalkan baret pada kaca mobil Anda.

Gunakan Cairan Pembersih Kaca Mobil

Tak sulit menemukan cairan pembersih kaca mobil di pasaran, cairan ini dibuat khusus dengan formula yang aman untuk melindungi lapisan kaca film mobil. Jangan sekali kali menggunakan pembersih kaca rumah untuk membersihkan kaca mobil Anda. Pembersih kaca rumah mengandung amonia yang menyebabkan kaca mobil semakin buram.

Walaupun dibuat dari bahan yang aman, Anda tetap perlu hati-hati saat menggunakan cairan pembersih kaca mobil. Gunakanlah cairan pembersih ini saat:

          Kaca Mobil Terkena Air Hujan

Air hujan bersifat asam yang jika dibiarkan lama akan mengundang jamur tumbuh di permukaan kaca mobil. Jamur kaca mobil yang membandel menyebabkan kaca tampak kusam dan buram, sehingga mengurangi visibilitas berkendara.

          Kaca Mobil Terkena Lumpur

Lebih dari air hujan, lumpur mengandung begitu banyak kontaminan yang dapat merusak kaca dan body mobil. Lumpur yang berasal dari kubangan tentu bersifat korosif dan dapat merusak lapisan kaca mobil kesayangan Anda. Belum lagi bakteri, virus atau kuman berbahaya yang ikut terbawa lumpur tersebut. Jika tidak dibersihkan, kaca mobil Anda mungkin terpapar parasit yang tidak menguntungkan untuk kesehatan Anda dan keluarga.

          Kaca Mobil Berdebu

Saat terparkir lama di garasi, kaca mobil Anda mungkin akan berdebu. Debu yang cukup tebal bahkan dapat dijadikan kanvas untuk melukis. Jika sudah begini, kaca mobil tentu harus sering dibersihkan menggunakan pembersih kaca mobil khusus.

          Kaca Mobil Terlalu Lama Terpapar Matahari

Sebaliknya, mobil yang sering digunakan tentu lebih banyak terpapar sinar matahari. Suhu panas dari sinar matahari dapat mengikis lapisan kaca film mobil. Dalam jangka waktu yang lama, kaca mobil akan kehilangan kelembabannya dan menjadi kusam.

          Kaca Jendela Mobil Terlalu Sering Dinaik Turunkan

Tak hanya kaca depan, kaca jendela juga berpotensi dihinggapi jamur kaca mobil yang membandel. Kaca jendela pada mobil keluaran baru tentu sudah dilengkapi sistem elektrik yang mudah dinaik turunkan.

Tanpa Anda sadari, pada celah antara pintu dan kaca jendela terdapat partikel air yang terperangkap. Partikel air tersebut mungkin berasal dari hujan atau sisa sampo cuci mobil. Jika dibiarkan lama, jendela mobil Anda pun akan tampak kusam karena dihinggapi jamur kaca mobil yang sulit dibersihkan.

Tips Aman Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Jernih

Cara mudah membersihkan jamur kaca mobil.

Itu lah tiga cara mudah membersihkan jamur kaca mobil yang membandel. Tak cukup dibersihkan saja, kaca mobil juga perlu dirawat agar tetap jernih. Kaca mobil yang jernih berdampak pada tingkat visibilitas berkendara yang lebih baik. Berikut cara merawat kaca mobil yang benar:

Jangan Gunakan Deterjen Sembarangan

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, Anda tidak boleh sembarangan memilih cairan pembersih kaca mobil. Namun karena alasan kepraktisan, tak sedikit pemilik kendaraan yang menggunakan deterjen rumahan untuk mencuci kaca mobil.

Deterjen seperti sabun mandi atau sabun cuci piring mengandung kadar PH yang asam. Seperti pembersih kaca rumah, deterjen bersifat keras yang dapat menghilangkan kelembaban dan membuat kaca mobil tambah buram.

Untuk membersihkan kaca mobil, pilihlah shampo mobil yang dirancang khusus untuk membersihkan mobil. Sampo jenis ini memiliki kadar PH netral yang tak hanya aman, tapi juga berfungsi merawat material mobil kesayangan Anda.

Cuci Mobil Secara Rutin

Mencuci mobil secara rutin juga dapat menghilangkan jamur kaca mobil yang membandel. Mobil yang dicuci secara rutin tentu akan semakin terjaga kebersihannya. Dari pada hanya membersihkan kaca, sebaiknya bersihkan bagian mobil yang lain agar mobil kesayangan Anda semakin terawat.

Tak Cuma bersih, mobil yang sering dicuci juga terhindar dari paparan virus, bakteri dan parasit berbahaya yang mungkin menempel. Mulai sekarang, Anda bisa mengatur jadwal cuci mobil secara berkala sebagai bagian dari menjaga kesehatan keluarga.

Ganti Wiper Secara Berkala

Walaupun tak selalu digunakan, wiper juga memiliki masa pakai. Wiper yang sering terkena air hujan bahkan bisa dihinggapi jamur. Ini lah yang menyebabkan spora jamur cepat menyebar ke seluruh permukaan kaca mobil.

Jamur kaca mobil yang membandel bisa dibawa dari wiper yang sudah tidak layak pakai. Selain itu, Wiper yang sudah mengeras bahkan bisa menyebabkan kaca mobil tergores. Jika dibiarkan lama, kaca mobil Anda tentu akan bertambah kusam dan buram.

Gunakan Cairan Wiper Berkualitas

Periksalah cairan yang digunakan pada wiper reservoir. Cairan yang lama tidak diganti mungkin mengandung kontaminan seperti debu dan kotoran halus. Terkadang menggunakan air dan campuran shampo mobil pada wiper reservoir pun tidak cukup efektif untuk melumatkan noda dan minyak yang menempel pada kaca mobil. Itu lah mengapa Anda memerlukan cairan wiper berkualitas. Ingat, Cairan wiper yang asal-asalan bisa menimbulkan jamur kaca mobil.

Gunakan Layanan Window Detailing Profesional

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan jasa window detailing profesional. Saat ini tak sulit menemukan jasa detailing mobil profesional yang menyediakan layanan window detailing. Anda bahkan bisa memanfaatkan layanan cuci mobil panggilan untuk mendapatkan paket window detailing yang dikerjakan di rumah Anda.

Salah satu penyedia layanan detailing mobil terbaik adalah Mobiklin. Ditunjang dengan SDM yang profesional, Mobiklin memiliki paket detailing mobil terlengkap yang dikerjakan langsung di rumah Anda. Layanan window detailing Mobiklin hanya menggunakan cairan pembersih kaca mobil berkualitas dengan teknik detailing khusus untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain paket detailing yang lengkap, Anda juga lebih mudah mengatur jadwal berlangganan sesuai kebutuhan. Temukan paket detailing mobil terbaik lainnya dari Mobiklin di sini.